Unggul di Pilkada Supiori, Yan Imbab Protes Kotak Suara Belum Diangkut ke Distrik

0
83

SUPIORI – Pasangan Bahan Bupati dan Wakil Bupati cetakan urut 5, Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre mengklaim unggul & menang dalam perolehan suara di Pilkada Kabupaten Supiori.  

Klaim kemenangan ini tempat dasar perhitungan cepat oleh awak koalisi pasangan calon ini dengan disebut Seniman-Imani yang tersebar di seluruh TPS di Kabupaten Supiori.  

Perolehan suara pasangan  Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre memperoleh  4. 507 suara atau 31, 1 persen dari total DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak  16. 841 orang.

“Setelah kami amati dan mendaftarkan perkembangan proses pencoblosan sampai penghitungan suara di TPS-TPS di semesta Distrik se Kabupaten Supiori, dengan berlangsung mulai kemarin siang sampai malam hari, maka berdasarkan input hasil perolehan suara pada Tabulasi Data Perolehan Suara Tim Aksi Seniman Imani Kabupaten Supiori, ialah kami unggul, ” ucap Yan Imbab di Kampung Paryem, Sorendiweri, Kamis (10/12/2020) malam.

Perolehan suara pasangan ini mengatasi empat pasangan lain, yakni  pasangan nomor urut 1,   Obeth Rumabar dan Daud Marisan  secara 2. 312 suara (12, 9 %), pasangan nomor urut dua, Ruth Naomi Rumkabu dan Jan Piet Pariaribo dengan 3. 646 suara (25, 1 %), bagian nomor urut 3, Jacobus Kawer dan Salomo Rumbekwan dengan 1. 189 suara (8, 2 %), dan pasangan nomor urut 4, Ronny Gustaf Mamoribo dan Albert dengan 2. 856 suara atau 19, 7 persen.

Hanya saja, hingga malam tersebut, hasil perolehan suara tersebut belum masuk juga pada Situng KPU Pusat. Termasuk juga kotak suara dari TPS belum dibawa ke belum ke  Panitia Pemilihan Wilayah (PPD) di Kabupaten Supiori.

Oleh karena itu, kami meminta kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Kabupaten Supiori agar segera menarik semua kotak-kotak suara yang masih berada di kampung-kampung untuk segera ditarik mendalam ke PPD-PPD nya masing-masing, ” ujarnya.

Proses Pilkada Kabupaten Supiori berlangsung lancar, aman dan tertib, termasuk  hingga jalan perhitungan.   Oleh karrna tersebut, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya meminta segera dikerjakan pleno di tingkat Distrik.

“Jangan tunda-tunda lagi, ikuti sesuai tahapan. Kami minta agar para PPD segera laksanakan Kerap Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara dalam tingkat Distrik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ” tegasnya.

Baca juga:  

Ditambahkan  Nichodemus Ronsumbre, pihaknya meminta  aparat kepolisian untuk bertindak tegas mengawal dan mengesahkan agar kotak-kotak suara tersebut lekas ditarik masuk ke PPD-PPD, sebab dengan selesainya semua proses penghitungan suara di tingkat KPPS sejak malam tadi, maka tidak tersedia alasan untuk membiarkan kotak-kotak perkataan tersebut berlama-lama berada di KPPS-KPPS.