TNI AU Kini Fokus Cari Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ-182

0
52

JAKARTA – TNI Angkatan Udara (AU) telah menyelesaikan proses pencarian korban dan puing pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dengan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021). Adapun titik jatuh pesawat diperkirakan berada di sekitar Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenai) Marsma TNI Indan Gilang menuturkan, pihaknya zaman ini fokus mencari keberadaan black box atau kotak hitam udara Sriwijaya Air SJ-162. Menurutnya, kreasi kotak hitam akan berguna untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

“Berikutnya kita juga akan menemukan bagian pesawat yang bisa digunakan untuk proses dari penyelidikan penyebab penderitaan, biasa disebut black box ya. Black box diperlukan untuk jalan penyelidikan kecelakaan pesawat itu sendiri. Intinya adalah agar kecelakaan semacam ini tidak terulang kembali, ” katanya di Lanud Halim Perdanakesuma, Jakarta Timur, Minggu (10/1/2021).

Selanjutnya, pesawat dan helikopter akan disiap-siagakan bilamana ada keperluan mendesak. Adapun total alat sempurna sistem utama pertahanaan (alutsista) dengan telah diberangkatkan pada hari ini berjumlah empat, dengan perincian Pesawat CN 295, helikopter EC 725 Caracal, NAS 332 Super Puma, serta satu helikopter dari Basarnas.

Baca juga: Warganet Temukan Surat Kapten Afwan Pilot Sriwijaya Air SJ-182, Ini Isinya

“Tiga shorty hari ini kita sudah laksanakan, berikutnya pesawat akan standby di sini, apabila diperlukan kita akan terbangkan kembali, ” katanya.