Teks Pendakian ke Gunung Semeru Dibuka Kembali?

0
128

MALANG – Meski wisata Bukit Bromo telah dibuka saat new normal pandemi Covid-19, pengelola menetapkan belum membuka akses pendakian.

Kepala Balai Luhur Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) John Kenedie mengatakan belum dibukanya akses pendakian ke Gunung Semeru lantaran pihaknya masih melihat sejauh mana berjalannya prosedur yang ada di Gunung Bromo.

“Pendakian ke Semeru belum dibuka. Kita lihat dua mingguan ke depan, sambil menunggu evaluasi di Gunung Bromo. Terutama Bromo dulu, ” ujar John Kenedie saat ditemui di kantornya, Selasa (25/8/2020).

“Kalau misalkan Bromo aman seluruh, sambil pembersihan jalur (pendakian), kita buka (Gunung) Semeru), ” imbuhnya.

John mengakui banyak pendaki – pendaki yang sudah rindu memuncaki bukit tertinggi di Pulau Jawa ini. Mengingat Gunung Semeru telah tutup dari akses pendakian sejak setahun lalu.

“Semeru ini September loh ditutup tarikh lalu. Jadi September kita buka, satu tahun. Sudah rindu pendaki itu. Tapi ya sabar, dengan penting Bromo dulu. Insya Allah bismillah Bromo kita buka, tidak ada klaster baru Covid-19, ” terangnya.

Namun seperti halnya di Gunung Bromo, nantinya jumlah pendaki juga mau dibatasi demi bisa menerapkan adat kesehatan Covid-19.

“Untuk pendakian Semeru (kuotanya) 600, kalau Bromo kan 739, kita berdoa saja semoga tidak ada klaster baru Covid-19, ” tuturnya.

Terkait persyaratan lainnya saat pendakian ke Bukit Semeru era new normal, John masih belum berani mengungkapkan lantaran pihaknya masih berfokus ke Bukit Bromo terlebih dahulu.

“Kalau untuk Bromo membentuk harus ada surat keterangan terhindar ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) dari puskesmas. Kita fokus ke Bromo dulu, baru nanti Semeru. Ekonomi harus jalan, akan namun kesehatan juga paling penting, ” bebernya.

Jadi informasi akses wisata Gunung Bromo kembali akan dibuka pada Jumat 28 Agustus 2020 pukul 13. 00 WIB. Pembukaan akses tersebut dilakukan setelah hampir lima kamar lebih tutup akibat pandemi Covid-19.

(kha)