Perihal 6 Mei: Kapal Zeppelin Jerman Terbakar hingga Tewaskan 36 Orang

0
117

JAKARTA – Beraneka macam peristiwa terjadi pada tanggal 6 Mei. Untuk mengingatkannya kembali, Okezone coba merangkum berbagai peristiwa itu, sebagaimana dikutip dari laman Wikipedia. org berikut ini:

1937 – Kapal Udara Zeppelin Jerman terbakar

Pesawat udara zeppelin Jerman‎, Hindenburg, meledak dan terbakar pada 6 Mei 1937. Kapal udara tersebut menyala tepat pukul 19. 25 masa setempat sesaat akan berlabuh ke tiang pengikat Stasiun Angkatan Suasana Lakehurst di New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Kejadian itu menjadi sorotan dunia setelah 36 penu‎mpang Hindenburg meninggal negeri. Berdasarkan catatan, ada 97 orang yang menumpangi kapal udara tersebut, 36 di antaranya tewas seketika.

Adapun, 36 karakter yang tewas dalam kecelakaan kapal udara tersebut terdiri dari 13 penumpang, 22 kru kapal suasana, dan satu kru di tanah. Sementara jumlah penumpang yang terlepas 62 orang.

Pengantara meledaknya kapal udara terbesar yang pernah dibangun saat itu diduga karena adanya percikan listrik ‎statis yang terkumpul dari geseran secara udara. Peristiwa kecelakaan kapal hawa Hindenburg tersebut sekaligus mengakhiri era kapal udara.

1941 – Joseph Stalin jadi Perdana Menteri Rusia

Josef Stalin ialah tokoh revolusi dan politikus Uni Soviet keturunan Georgia. Ia menjelma Perdana Menteri seumur hidup di Rusia. Stalin menjadi Kepala Tadbir Uni Soviet pada pertengahan masa 1920-an sampai akhir hayatnya tahun 1953.

Stalin selalu merupakan Sekjen Partai Komunis Bon Soviet. Dia mengawali karier revolusioner dengan bergabung bersama Partai Pekerja Demokrat Sosial Rusia yang bersandar pada Marxisme.

Stalin jugalah satu diantara tokoh yang membakukan gagasan-gagasan Karl Marx dan Lenin menjadi paham Marxisme-Leninisme. Stalin sosok kepala pemerintahan yang kebijakannya pas populer di dunia. Dia pulalah yang mendukung gerakan antifasis di dunia.