Perihal 5 September: Meninggalnya Benyamin Sueb

0
138

JAKARTA – Kira-kira peristiwa dan catatan sejarah istimewa terjadi baik dalam maupun asing negeri yang terjadi pada tanggal 5 September tiap tahunnya. Beberapa diantaranya adalah meninggalnya Benyamin Sueb.

Untuk memikirkan ataupun menambah wawasan sejarah, Okezone telah merangkum sejumlah peristiwa dan kejadian penting di tanggal 5 September dari Wikipedia, antara lain:

1. Meninggalnya Benyamin Sueb

Benyamin Sueb ada di Batavia, 5 Maret 1939 -meninggal di Jakarta, 5 September 1995 pada umur 56 tahun adalah pemeran, pelawak, sutradara serta penyanyi Indonesia. Benyamin menghasilkan lebih dari 75 album musik & 53 judul film.

2. Jatuhnya Pesawat Mandala Airlines di Daerah Tewaskan 100 Orang

Mandala Airlines Penerbangan RI 091merupakan sebuah pesawat Boeing 737-200milik Mandala Airlines dengan jatuh di kawasan Padang Kamar, Medan, Indonesia pada 5 September 2005.

Kesialan ini terjadi saat pesawat medium lepas landas dari Bandara Polonia Medan. Pesawat tersebut menerbangi arah Medan-Jakarta dan mengangkut 117 karakter (112 penumpang dan 5 awak). Penumpang yang tewas berjumlah 100 orang dan 49 orang di darat turut menjadi korban. Setidaknya 17 Penumpang di laporkan aman.

3. Kelahiran Freddie Mercury

Freddie Mercury lahir di Farrokh Bulsara 5 September 1946) adalah seorang penyanyi-penulis lagu dan produser rekaman & vokalis utama dari band rock Queen berkebangsaan Inggris.

Dia dianggap sebagai salah satu dari penyanyi terbaik dalam memori musik populer, dan dikenal pada kepribadian flamboyan di panggung dan jangkauan vokal empat-oktafnya.

4. Meninggalnya Bekas Wapres Indonesia Adam Malik

Umat Malik Batubara meninggal di Bandung, Jawa Barat, 5 September 1984 pada umur 67 tahun adalah mantan Menteri Indonesia pada kaum Departemen, antara lain ia sudah menjabat menjadi Menteri Luar Jati.

Ia pula pernah menjadi Wakil Presiden Nusantara yang ketiga. Adam Malik ditetapkan sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 6 November 1998 berdasarkan Keppres Nomor 107/TK/1998.

Puteranegara

(kha)