Pemilu AS 2020, Warga Antre 11 Jam di TPS untuk Berikan Suaranya

0
76

ATLANTA – Antusiasme warga Amerika Serikat (AS) untuk memberikan perkataan mereka dalam pemilihan umum & pemilihan presiden 2020 terlihat dari antrean panjang yang terbentuk pada sejumlah tempat pemungutan suara pada berbagai daerah.

Dalam salah satu TPS, warga apalagi harus mengantre hingga 11 jam untuk memberikan suara mereka, seperti yang dialami oleh satu puak di Georgia.

“Kami berhasil, ” kata Johnta Austin dalam mulia video viral yang direkam zaman mereka mencapai antrean depan. Tempat menggambarkan proses yang panjang tersebut sebagai sebuah “kehormatan”.

BACA JUGA: Serba-Serbi Pilpres GANDAR 2020, Mengenal Electoral College dan Swing States

Dengan pemungutan suara awal yang berlaku di sebagian besar AS, foto-foto dan video media sosial membuktikan antrean panjang manusia. Mereka kadang-kadang menunggu berjam-jam, dengan sabar mengantre menuju tempat pemungutan suara.

Beberapa warga Afrika-Amerika, termasuk jurnalis Roland Martin di Texas, mengatakan mereka menangis ketika menjumpai para pemilih yang termotivasi pada pagi hari pemungutan suara.

Dalam video yang menunjukkan tanda Black Lives Matter pada gedung, Martin mengatakan dia menangis setelah menemukan “antrean panjang sesudah pemungutan suara dibuka 27 menit”, dan dia bersiap untuk memberikan suara dengan mendengarkan lagu-lagu penentangan dari musim panas ini.

BACA JUGA: Pemilu AS 2020 Ternyata Tidak Hanya untuk Memilih Presiden, Ini Faktanya

Diwartakan BBC , sebagian besar orang Amerika yang menggunakan internet untuk menunjukkan kebanggaan mereka memilih adalah karakter kulit hitam. Mereka mengatakan kalau suara mereka adalah kelanjutan dari perjuangan hak-hak sipil, yang menurut mereka telah diperkuat oleh putaran Black Lives Matter.

“Souls to polls, ” merupakan salah satu slogan yang di-retweet pada antara komunitas kulit hitam AS.

Di Georgia, tempat pemungutan suara sendiri dimulai pada Senin (12/10/2020), hari libur federal, beberapa pemilih tiba sebelum fajar untuk mengantre. Sementara di Texas, warga telah diingatkan untuk mengantre sejak pagi mempersiapkan diri secara membawa air, kursi dan payung agar lebih nyaman berada dalam barisan.