Pedagang Pasar Cibinong di Test Swab Corona, 4 Orang Reaktif

0
151

CIBINONG kacau Badan Intelijen Negara (BIN) menjadikan Rapid Test massal di Pasar Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Enau, Jawa Barat pada Rabu (17/6/2020). Hal tersebut sebagai bentuk membangun pemerintah dalam mempercepat upaya pengerjaan Covid-19.

Staf Khusus Kepala BIN, Mayjen TNI (Purn) Neno Hamriono mengatakan Rapid Test ini merupakan instruksi dibanding Kepala BIN, Jenderal (Purn) Watak Gunawan sebagai salah satu jalan mendeteksi awal penanganan wabah Covid-19 di Kabupaten Bogor.

“Jadi kegiatan ini merupakan lupa satu sumbangsih nyata BIN main sama dengan pemerintah kota serta kabupaten di wilayah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mudah-mudahan upaya ini dapat menyulut hasil, ” ujar Neno, Kamis (17/6/2020).

 

Menurut Neno, Rapid Test massal ini merupakan kerjasama BIN, Pemerintah Kabupaten Bogor, Himpunan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, unsur TNI dan Polri yang ada di wilayah Kabupaten Bogor.

Dia menekankan, bila BIN akan tetap mencari titik-titik episentrum di wilayah-wilayah yang masuk dalam zona abang, salah satunya pasar. Dengan adanya Rapid Test massal ini diharapkan baik dari BIN dan Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mengetahui kluster-kluster baru penyebaran wabah Covid-19.

“Antusiasme masyarakat Cibinong cukup tinggi dan Rapid Test ini dilakukan memang di tempat-tempat konsentrasi masyarakat, salah satunya rekan, ” jelas Neno.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, adanya Rapid Test massal yang dilakukan BIN di wilayah Kabupaten Bogor, sangat membantu pihaknya dalam mengidentifikasi penyaluran awal Covid-19 di wilayah itu.

“Wilayah pasar akhir-akhir ini menjadi kluster perdana di beberapa wilayah. Seperti diketahui, Pasar Cileungsi juga cukup tinggi potensinya. Di sini (Pasar Tohaga, Cibinong) juga kami khawatir untuk potensi penyebarannya. Untuk itu, saya dan BIN langsung gerak segera untuk melaksanakan tes massal itu, ” terang Ade.

Ade memaparkan, bila terdapat 30 pasar di Kabupaten Bogor dengan harus didata para pedagangnya. Utama per satu dari 30 rekan tersebut akan dilakukan Rapid Test massal.

Ia berharap, Rapid Test massal dengan dibantu oleh BIN ini tak hanya dilakukan di Pasar Cibinong, tetapi juga pasar-pasar lain dengan ada di Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan dengan jalan yang kami lakukan bersama-sama, saya bisa menurunkan angka positif secara tracking yang cepat dan positif, ” tuturnya.

Dalam kegiatan ini, BIN menyediakan 1. 000 alat Rapid Test dan menerjunkan dua unit Mobil Laboratorium PCR test untuk Swab Test yang hasilnya akan langsung keluar dalam waktu 5 tanda.

Dari bahan informasi pada pukul 10. 30 WIB, Rapid Test massal itu sudah diikuti 175 peserta, sebesar 4 orang dinyatakan reaktif terhadap Covid-19 dan akan dilanjutkan dengan Swab Test.

Sebelumnya, BIN gencar menggelar rapid dan swab test massal di sejumlah lokasi baik di provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya, mauoun sejumlah wilayah lainnya yang menjelma zona merah seperti Surabaya Jawa Timur dan sekitarnya.

(wal)

Loading…