Negara-Negara Ini Belum Melaporkan Satu biar Kasus COVID-19

0
107

VIRUS corona baru (COVID-19) dilaporkan telah menginfeksi lebih dari satu juta orang secara global hingga Jumat (3/4/2020), dan menyebabkan hampir 53. 000 kematian di seluruh negeri.

Menurut data yang dihimpun oleh John Hopkins University, telah dideteksi di lebih dibanding 180 negara dan teritori di berbagai belahan dunia. Namun, masih ada sekira 35 wilayah pada dunia yang sampai saat itu belum mencatat satu pun kasus Covid-19.

Di antara negara-negara yang belum melaporkan satu pun urusan Covid-19 adalah: Korea Utara, Tajikistan, Turkmenistan, Kiribati, Lesotho, Kepulauan Solomon, Samoa, Malawi, Kepulauan Marshall, Tuvalu, Palau, Tonga, Nauru, Uni Komoros dan Yaman.

Diwartakan BBC , negara seperti Tuvalu, Tonga, Nauru adalah negara kecil dengan penduduk dengan sedikit dan jarang dikunjungi wisatawan sehingga peluang penularan virus corona dapat dikatakan kecil. Ada serupa negara yang merupakan daerah anjangsana wisata, namun jumlah pengunjungnya menghunjam karena pendemi yang terjadi serta pembatasan perjalanan yang diberlakukan banyak negara.

Sementara negeri lain seperti Korea Utara & Turkmenistan memiliki rezim yang mati, dan tidak banyak informasi yang diungkap ke dunia internasional. Tersedia kemungkinan bahwa kasus Covid-19 sebenarnya telah muncul di negara-negara itu, tetapi ditutup-tutupi atau dirahasiakan.

Sedangkan di negara seolah-olah Yaman yang tengah dilanda perang, pengujian terhadap virus corona cenderung mustahil dilakukan, sehingga tidak diketahui apakah ada kasus Covid-19 pada negara itu atau tidak.

Ada juga wilayah-wilayah tidak negara yang masih bebas daripada penyebaran virus tersebut atau belum ada laporan mengenai penyebarannya, laksana Antartika, Kepulauan Spratly, Kepulauan Christmas, Sahara Barat, dan Malvinas.

(. -)

Let’s block ads! (Why? )