Menimbulkan Pelatihan Terkait Vaksin Covid-19, Pemimpin Jokowi: Jangan Anggap Enteng!

0
44

JAKARTA kepala Presiden Joko Widodo (Jokowi) menguatkan, perlu persiapan lapangan yang indah untuk melakukan  vaksinisasi Covid-19 . Petugas dengan mengurus vaksin harus mendapatkan pelatihan atau  training .

“Ini perlu persiapan lapangan, perlu persiapan untuk implementasi. Jadi perlu juga yang berkaitan dengan  training-training , ” ucap Jokowi saat membuka rapat terpatok, Senin (19/10/2020).

Jokowi meminta agar  treatment  terhadap vaksin tidak dianggap enteng. Menurutnya, setiap vaksin memiliki perlakuan yang berbeda-beda. Sehingga perlu adanya pelatihan buat hal ini.

Membaca juga:   Kemenkes: Kebutuhan Vaksin Covid-19 di Indonesia Sekitar 320 Juta Dosis 

“Jangan menganggap enteng. Ini bukan kejadian yang mudah.   Training   membawa vaksin,   training   menempatkan vaksin karena ini dalam jumlah yang banyak. Karena vaksin-vaksin biar ini harus mendapatkan treatment serta perlakuan yang spesifik. Tiap vaksin beda-beda. Dari G42 itu beda, dari Sinovac beda lagi, nanti dari AstraZeneca beda lagi. Nyimpennya di cold storage-nya seperti barang apa,   tidak boleh guncang apa boleh, (guncang), ” ucapnya.

Kepala Negara juga meminta jajarannya melibatkan agen Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO di Indonesia.

Menangkap juga:   Hampir 60 Upah Masyarakat Tahu Tentang Pengembangan Vaksin di Indonesia 

“Ini dan saya minta ini dilibatkan WHO, WHO Indonesia agar mereka bisa memberikan  training-training. Sehingga apa standarnya itu menjadi jelas. Waspada. Hati-hati mengenai vaksin. Bukan barang gampang ini. Setelah saya pelajari, semakin hari semakin saya yakin tidak mudah, ” pungkasnya.

(qlh. -)