Ketua Kongres Peru Francisco Sagasti Mau Menjadi Presiden Baru

0
39

PERU – Francisco Sagasti dari Partai Ungu Negara peru yang berhaluan tengah, akan menjadi presiden ketiga negara itu di dalam rentang satu pekan, setelah sebagian besar anggota Kongres memilihnya sebagai ketua badan legislatif tersebut.

Sagasti menjadi kepala sementara, berdasarkan tindakan Kongres pada hari Senin 16 November 2020, karena Peru sekarang ini tak memiliki presiden atau wakil presiden. Ketua Kongres adalah pejabat berikutnya yang akan naik berdasarkan hierarki kepemimpinan di sana.

Kantor berita pemerintah Adina melaporkan, begitu Sagasti menjadi majikan negara itu, Mirtha Vasque, yang dipilih sebagai wakil ketua, bakal naik jabatan menjadi ketua Kongres.

Sagasti mau bertanggung jawab untuk berupaya menyelenggarakan rekonsiliasi di negara itu, menyusul kekacauan selama sepekan karena Konvensi menyingkirkan mantan presiden yang kondang, Martin Vizcarra.

Manuel Merino, yang diambil sumpahnya sebagai presiden sementara dalam Selasa 10 November 2020 setelah para sejawatnya memutuskan untuk memakzulkan Vizcarra, mendadak mengundurkan diri di dalam hari Minggu 15 November 2020, membuat Peru tidak memiliki pemimpin.

Banyak masyarakat Peru berharap penunjukan Sagasti bakal menandai berakhirnya protes sepekan, dengan membuat dua lelaki muda tewas dan puluhan lainnya cedera.

(wal)