JK Sebut Alat Deteksi Covid-19 Mampu Redam Penyebaran

0
45

SUKABUMI – Ketua Umum Palang Abang Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menyebutkan ketersediaan alat deteksi Covid-19 mampu meredam tingkat penyebaran virus corona.

“Alat deteksi Covid-19 baik berupa tes cepat (rapid test), PCR test maupun USG portabel sangat dibutuhkan untuk mengungkap kasus warga yang terinfeksi positif tetapi tidak bergejala, ” katanya melalui siaran persnya, Senin (23/11/2020).

Dirinya pun mengapresiasi kepedulian Philips Foundation dan Philips Indonesia yang telah mendistribusikan bantuan cara deteksi Covid-19 tersebut kepada PMI.

Rencananya alat pendeteksi virus yang pertama kali terlihat di Wuhan, China itu akan disebar untuk masyarakat agar bisa mengetahui tingkat sebaran Covid-19, khususnya di wilayah zona merah.

Bantuan yang dikirimkan lantaran yayasan perusahaan bertaraf internasional tersebut berupa 2 ribu unit alat tes cepat, 156 unit PCR test kit dan enam bagian USG portabel berbasis aplikasi.

Dari 2 ribu alat tes cepat, kata JK, sebesar 1, 700 unit didistribusikan untuk umum, 300 unit rapid test dan 150 PCR test kit digunakan untuk relawan PMI di zona merah seperti Jakarta. Sedangkan enam unit perangkat USG portabel itu disebar ke sejumlah panti sakit rujukan di zona abang, seperti tiga unit ke RS PMI Bogor masing-masing satu bagian.

Baca Juga:   Penjelasan Keluarga Terkait Viral Jenazah Anak Dibawa Pakai Mesin

Kemudian ke RS PMI Lhokseumawe Aceh Memajukan, RS Islam Faisal Makassar dan RS Islam Siti Hajar Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya, keinginan alat deteksi Covid-19 tinggi, sebab untuk menekan dan mengungkap penyebaran virus itu harus menggunakan pokok 3T (testing, tracing dan treatment) dan harus dilakukan secara membenang.

Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menekan level penyebaran Covid-19 yang saat itu rata-rata pertambahan kasus baru pada Indonesia mencapai 4 ribu karakter setiap harinya, ” tambahnya.