Epidemiolog Sebut Wajar Jika Jatim Jadi Provinsi Tertinggi Covid-19, Ini Alasannya

0
151

JAKARTA – Daerah Jawa Timur (Jatim) menyalip DKI Jakarta menjadi wilayah paling tinggi saat ini terkait kasus pasti Covid-19 atau virus corona.

Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) Syahrizal Syarif mengungkapkan bahwa, hal itu adalah wajar. Menurutnya, jumlah penduduk Jatim lebih banyak dibandingkan DKI Jakarta.

“Jatim wajar kalau kasusnya melebihi DKI, jumlah penduduk Jatim 4 kali lebih tinggi, ” kata Syahrizal saat dikonfirmasi Okezone, Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Syahrizal memprediksi, Praja Surabaya menjadi wilayah di Jatim yang diduga banyak penyebaran virus corona tersebut. Pasalnya, Kota Pahlawan itu banyak rumah sakit rujukan.

“Konsentrasi Jatim di Kota Surabaya. Sebab RS rujukan terkonsentrasi di Surabaya. Perlu dicek berapa jumlah penderita yang bukan domisili Surabaya, aku yakin tinggi, ” ujarnya.

Di sisi asing, Syahrizal menyatakan kemungkinan besar angka positif virus corona di Nusantara masih akan terus bertambah. Makin, tidak menutup kemungkinan akan diatas jumlah di China.

“Ya kasus Indonesia hendak melewati China yang 84 seperseribu, ” tutup dia.

(kha)

Loading…