Cegah Banjir, Pemkot Jaktim Kerahkan Damkar Bersihkan Saluran Air

0
76

JAKARTA – Pemerintah Kota Jakarta Timur menerjunkan pemadam kebakaran buat membersihkan Saluran Air. Upaya itu dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir akibat saluran air yang tertahan.

Kasi Ops Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Pemyelanatan (PKP) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, pihaknya dilibatkan di dalam mengatasi banjir dengan cara menghapuskan saluran air di jalan kawasan warga.

“Penyemprotan lubang-lubang tali air agar sampah dan lumpur yang menyumbat aliran tirta bisa hilang. Jadi waktu abu tiba, air yang masuk ke dalam saluran air menjadi mampu, ” kata Gatot saat dikonfirmasi di Jakarta Timur, Minggu (27/9/2020).

Gatot menuturkan, kesibukan memberishkan saluran air dari sampah dan lumpur akan dilaksanakan berantara. Langkah itu sebagai persiapan menghadapi banjir yang diperkirakan terjadi di akhir Oktober 2020.

“Kepala Dinas Damkar menginstruksikan para Kepala Sektor Pemadam untuk bekerjasama dengan Lurah dan Camat. Kita sisir wilayah yang kerap menjelma titik penyumbatan yang mengakibatkan adanya genangan, ” ujarnya.

Baca juga: Ini Persiapan Pemprov DKI Jakarta untuk Kendalikan Banjir

Menurut Gatot, dengan penyemprotan menggunakan air bertekanan tinggi diharapkan tumpukan lumpur beserta sampah dapat teratasi. Sehingga, pekerjaan Dinas SDA dan PPSU sanggup sedikit berkurang.

“Kita sudah siap dan sudah dirapatkan. Untuk pelaksanaan kita koordinasi beserta Lurah dan Camat agar mampu berjalan lancar, ” pungkasnya. (qlh)

(amr. -)