Buatan Rapid Test, Seorang Tenaga Medis di Bengkulu Positif Covid-19

0
122

BENGKULU – Seorang tenaga medis berinisial LH (39), asal Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu dinyatakan positif virus corona (Covid-19), berdasarkan hasil rapid test. Hasil tes dinyatakan reaktif sebab pendektesi antibodi itu.

Perempuan 39 tahun itu disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari ke ajaran.   Sementara, spesimen swab (cairan) tenggorakan yang bersangkutan telah mau dikirim ke Laboratorium Balai Metode Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Keburukan (BTKLPP), Palembang, Sumatera Selatan.  

”Langsung diambil swab karena prosedur setiap hasil reaktif harus diambil swab, dan yang bersentuhan harus melakukan isolasi mandiri pada rumah terlebih dahulu, ” cakap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Tangan, Herwan Antoni, dalam keterangan yang diterima Okezone, Sabtu (18/4/2020).  

Selain tenaga medis, seorang warga asal Kabupaten Kaur berusia 58 tahun, juga dinyatakan positif virus corona.

Baca juga:   Berikut 48 Check Point Pemeriksaan Kendaraan PSBB di Kota Tangerang

Untunglah, kondisi pasien stabil & masih berstatus orang dalam pengawasan (ODP). AQ memiliki riwayat perjalanan dari Kota Bengkulu.

”Status belum PDP karena dengan bersangkutan masih stabil, dan kita sarankan isolasi mandiri. Untuk swab, sudah kita ambil. Tinggal memindahkan dan tunggu hasil dari Laboratprium Palembang, ” jelas Herwan.

Sementara itu, Jubir Himpunan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan, hingga Jumat 17 April 2020 pukul 17. 01 WIB, terdapat penambahan 18 ODP.

Total ODP 576 kasus. Rinciannya, ODP selesai pemantauan 470 urusan, ODP menjadi PDP 1 kejadian, ODP menjadi konfirmasi 1 kejadian, ODP meninggal dunia 1 urusan dan ODP proses pemantauan 103 kasus.

Jaduliwan memasukkan, total PDP sebanyak 17 kejadian. Rinciannya, PDP selesai pengawasan 2 kasus, proses pengawasan 7 urusan, PDP meninggal dunia 6 orang, dan PDP menjadi konfirmasi 2 kasus.  

”Ada penambahan kasus ODP sebanyak 18 orang, ” sampai Jaduliwan.  

Sampel yang diperiksa di laboratorium Palembang sebanyak 45. Yakni, 4 swab dinyatakan membangun, sampel negatif 34 spesimen serta dalam proses pemeriksaan 7 representatif.    

Jumlah rapid test yang sudah dilakukan sebanyak 1. 443 orang. Hasilnya, 1. 437 orang unreaktif Covid-19 dan 6 dinyatakan reaktif.    

”Secara keseluruhan yang sudah dilakukan rapid test sebanyak 1. 443 orang, dari jumlah tersebut 1. 437 non reaktif dan 6 orang dinyatakan reaktif, ” pungkas Jaduliwan.

(qlh)