BNPB: 29 Orang Meninggal dan 11 Lainnya Hilang Akibat Longsor Sumedang

0
65

JAKARTA – Awak SAR gabungan kembali menemukan satu korban meninggal dunia serta menjumpai 1 orang yang dinyatakan hilang akibat terbis yang berlaku di Cimanggung, Sumedang , Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

“Merujuk data dari Sentral Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per hari Minggu 17 Januari 2020 jam 12. 53 WIB, total objek yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 29 orang dan 11 orang masih dinyatakan hilang, ” kata Kepala Pusat Data, Fakta dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Minggu 917/1/2021).

Ia mengatakan, korban luka antara lain luka ringan sebanyak 22 orang dan luka berat tiga orang.

“Pencarian korban terkendala dengan iklim hujan dan perlu diwaspadai longsor susulan, karena seperti yang diinformasikan Badan Geologi, masih ada retakan di beberapa titik lokasi longsor, sehinggga tim gabungan perlu mengelola keselamatan saat melakukan evakuasi, ” ujarnya.

Ia menyampaikan, sampai saat ini, BPBD Sumedang bersama instansi terpaut masih melakukan pencarian terhadap 11 orang yang belum ditemukan.

“Tim gabungan memakai 4 alat berat dalam jalan evakuasi korban selama beberapa hari ke depan, ” katanya.

Baca Selalu: Update Longsor Sumedang: 28 Korban Meninggal Berhasil Ditemukan

Data sementara sebanyak satu. 020 jiwa mengungsi terbagi pada pos pengungsian Lapangan Taman Rumor dan rumah kerabat yang tenang dari potensi longsor.