Beribu-ribu Rumah Warga di Lamandau Kalteng Terendam Banjir

0
156

LAMANDAU – Banjir parah terjadi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Banjir merendam 3. 030 rumah serta terpaksa membuat 4. 500-an spirit harus mengungsi.

Banjir ini terparah dalam 10 tahun terakhir. Sebab merendam 53 daerah di 8 kecamatan. Banjir dikarenakan intensitas hujan yang tinggi di sepekan terakhir dan diperparah air kiriman dari hulu sungai Arut.

Ketinggian air mencapai 8 meter. Warga diungsikan ke wadah yang lebih aman dan juga ke rumah sanak saudara dengan rumahnya aman dari banjir. Terang rumah hanya terlihat atapnya selalu.

Banyak fasilitas umum yang sudah terendam banjir, seperti masjid, gedung sekolah, serta kantor pelayanan kesehatan. Warga dengan terdampak saat ini sangat menggunakan bantuan, seperti air bersih, makanan siiap saji, pakaian dan bungkus.

Baca Juga:   Banjir Rendam 17. 000 Rumah di Wajo, Masyarakat Butuh Bantuan Sembako 

Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamandau berjibaku membantu warga yang terdampak banjir seperti mengevakuasi warga, mengasaskan posko pengungsian dan memberikan makanan siap saji karena fasilitas dapur warga sudah tidak dapat difungsikan lagi akibat terendam banjir. Telah ratusan warga yang mengungsi dalam tempat pengungsian selama dua hari terakhir ini.

“Pemerintah daerah bersama dinas terkait serta BPBD menyiapkan langsung tempat penampungan bagi warga yang ingin mengungsi, ” ujar Bupati Lamandau, Hendra Lasmana, Jumat (17/7/2020).

Pemerintah Kabupaten Lamandau mengimbau warga agar tetap berhati-hati karena menurut BMKG hujan masih terus terjadi yang berpotensi air banjir masih terus naik.

(Ari)

Loading…