Bawa Trump, Anggota Parlemen Republik AS Minta Tedros Mundur dari Penasihat WHO

0
128

WASHINGTOTN – Sejumlah anggota kongres Amerika Serikat dari Partai Republik mendukung pernyataan Presiden Donald Trump, yang menghentikan dana bantuan pada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebanyak 17 anggota kongres dari Partai Republik menulis tulisan kepada Presiden Trump menyatakan dukungan kepadanya, dan menyarankan dana sandaran kepada WHO bisa diberika n Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mundur dari jabatannya.

Trump pada Selasa, 14 April menghentikan dana bantuan AS kepada WHO, sebuah langkah yang penuh dikecam oleh pemimpin dunia.

Presiden Trump menuding WHO gagal meminta pertanggungjawaban China sebab masalah pandemi virus corona.

Di dalam suratnya, Partai Republik mengatakan mereka telah kehilangan kepercayaan pada Tedros dan menyalahkan WHO dan Partai Komunis China akibat dampak virus corona.

“WHO satu-satunya organisasi yang bekerja di wadah terburuk di dunia, dan GANDAR harus terus mendukung pekerjaan istimewa ini, ” isi surat itu mengutip Reuters, Jumat (17/4/2020).

“Namun, sangat penting kita bertindak cepat untuk memastikan ketidakberpihakan, transparansi, dan legitimasi lembaga dengan berharga ini, ” lanjut tulisan tersebut.

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan di dalam Rabu, ia sedang mempelajari hasil penarikan dana AS, dan memeriksa menutupi kekurangan bersama mitra-mitra WHO.

AS adalah penyumbang terbesar WHO, dengan kontribusi lebih dari USD400 juta pada tahun 2019, sekitar 15% dari perkiraan organisasi itu.

Kepala DPR AS Nancy Pelosi serta anggota lain fraksi Demokrat telah memperingatkan bahwa menghentikan dana untuk WHO akan melumpuhkan koordinasi internasional yang diperlukan untuk memerangi pandemi virus corona.

“Keputusan ini berbahaya, ilegal dan mau segera ditentang, ” ujar Pemimpin DPR Nancy Pelosi dalam penjelasan pada Rabu, 15 April.

Saat ini, virus corona telah menginfeksi 2. 182. 084 orang dan menyebabkan 145. 516 kematian, mengacu data Universitas Johns Hopkins.

(fzy)

Let’s block ads! (Why? )