Aparat PPSU di Gambir Jalani Rapid Test Covid-19

0
148

JAKARTA – Pemerintah berangkat agresif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan mengabulkan pemeriksaan masal demi terputusnya pandemi virus corona ini.

Dalam hal ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 (RIB) yang diketuai oleh Sandiaga Salahuddin Uno bergerak membantu pemerintah di upaya percepatan penanganan Covid-19 dengan menggelar rapid test massal pada Lapangan Sinarmas, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahudin Uno Rapid Test massal yang diselenggarakan ini merupakan hasil kerja cocok pihaknya dengan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Polres Jakarta Pusat, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN).

“Kegiatan ini adalah bukti gerak cepat dibanding Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat dalam pengerjaan wabah Covid-19, ” kata Sandiaga dalam keterangannya, Jumat (19/6/2020).

Mantan Wagub DKI Jakarta itu menuturkan, jika Kecamatan Gambir ini sudah menyelundup zona hijau dan satu-satunya kecamatan di Jakarta Pusat yang berkedudukan zona hijau. Sehingga harus terus dijaga dan sosialisasi serta edukasi masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan patuhi protokol yang erat dan disiplin.

 

Ia menegaskan, saat ini Indonesia tengah mengambil era New Normal dan sebagian ekonomi mulai dibuka secara perlahan sesuai tahapan pemerintah. Sandiaga menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat biar mematuhi protokol kesehatan Covid-19 pantas anjuran pemerintah.

“Kita yakin dengan bersatu kompak maka kita akan mampu mengakhiri perjuangan melawan Covid-19. Kita serupa harus memastikan masyarakat bahwa Covid-19 itu ancaman yang nyata, tanpa diplesetkan ini konspirasi karena telah lebih dari 2. 000 darah kita yang sudah meninggalkan kita, ” tutur Sandiaga.

“Jangan angka ini terus bertambah dan menjadi statistik. Akan tetapi angka ini harus menjadi pengingat buat kita semua bahwa perjuangan ini belum selesai. Kita kudu tuntas dan putuskan mata ikatan penyebaran Covid-19, salah satunya menggunakan program rapid test dan PCR test. Selain itu, kita selalu memiliki program tracing dan threating, ” imbuh Sandiaga.

Dalam Rapid Test massal ini, RIB menyiapkan 700-1. 000 instrumen rapid test dan juga langgeng mengedepankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah dan Gugus Suruhan Percepatan Penanganan Covid-19 dalam pengoperasian di setiap kegiatan, termasuk Rapid Test massal.

“Peserta yang hasilnya reaktif diobservasi lebih lanjut dan kita akan jaga mereka hingga sembuh. Kita akan terus melakukan 3 T (Testing, Tracing dan Threating). Dengan begitu, penyebaran wabah Covid-19 bisa segera teratasi, ” terang Sandiaga.

Sandiaga meminta masyarakat untuk membantu pemerintah pada memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sandiaga pun berpesan kepada seluruh pihak agak jangan terlena dan terkecoh dengan situasi yang berangkat melandai.

“Oleh karena itu, kita belajar daripada pengalaman dan sejarah. Jangan datang kita terlena dan lengah sehingga kita tidak menerapkan protokol kesehatan tubuh Covid-19 secara disiplin, ” tandasnya.

Rapid Test ini ditargetkan untuk para klub umum, para Petugas Penanganan Infrastruktur dan Sarana Umum (PPSU) dan Pekerja lepas di wilayah Kecamatan Gambir. Pelaksanaan Rapid Test massal pun dipantau langsung oleh Walikota Jakarta Pusat, Bayu Megantara.

(wal)

Loading…