8. 013 Kendaraan Diduga Akan Pegangan di Tol Japek Diputarbalik

0
145

BEKASI – Pamendal penyekatan sosial berskala sosial berskala besae (PSBB) Cikarang Barat Kompol Joko Sutrisno memastikan kendaraan yang akan mengarah ke timur jawa mau diputar balik.

Sekalipun, kata Joko ada surat keterangan kerja untuk keluar Jakarta. Terlebih lagi, pada Rabu 20 Mei 2020 pukul 21. 00 WIB, pihaknya sudah tak melegalkan surat keterangan kerja.

“Bila dihitung pada Rabu, kendaraan pribadi semuanya dikeluarkan melalui GT Cikarang Barat, karena surat itu (keterangan kerja), semua sudah libur, ” kata Joko, Jumat (22/5/2020).

Joko memandang, bila pun ada pihak dengan memanfaatkan surat kerja itu telah tidak masuk akal. “Bila dihitung dari libur, maka orang belakang bekerja ya cuti, makanya udah gak masuk akal, ” nyata Joko.

Bila pun ada yang diperbolehkan, kata Joko, bagi mereka yang membawa surat kematian dan surat yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Misal ada orang gelap yang meninggal, maupun hal-hal yang bisa dipertanggungjawabkan, itu kita mau luruskan, ” cetus Joko.

Dia menegaskan, bagi masyarakat yang akan keluar sebab Jakarta dengan alasan membawa surat tidak akan lolos.

Berdasrkan data dari PT Jasa Marga, pihak kepolisian & Kementerian Perhubungan ada sekitar 8. 013 kendaraan yang diduga bermaksud mudik, yang kemudian dialihkan ke GT Cikarang Barat 3. Itu dikembalikan ke Jakarta pada H-3 Lebaran 1441 hijriah.

Jumlah ini melonjak perut kali lipat dibanding hari sebelumnya pada Rabu 20 Mei 2020. Dari total 8. 013 kendaraan yang dialihkan tersebut, sebanyak tujuh. 732 adalah kendaraan pribadi serta 281 merupakan kendaraan angkutan penumpang.

(kha)